Hukumnya Bagi Orang Yang Tidak Berpuasa

Hukumnya Bagi Orang Yang Tidak Berpuasa

Onlinecialiszox.com – Ada beberapa hal yag harus kalian tahu, Hukumnya Bagi Orang Yang Tidak Berpuasa yaitu sebenarnya puasa memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam yang lima.

Barangsiapa yang berpuasa untuk mencari ridha Allah Azza wa jalla dan sesuai dengan tuntunan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Maka ia akan meraih kebaikan dan keutamaan yang sangat besar. Oleh karena itu kewajiban kaum Muslimin memperhatikan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya.

Hukum Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Hukum Puasa di Bulan Suci Ramadhan sudah sangat dikenal oleh umat Islam, Yaitu wajib, berdasarkan Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijma. Barangsiapa mengingkari kewajiban puasa Ramadhan, maka dia menjadi kafir. (Lihat al-Wajiz. halaman 189).

Allah SWT telah berfirman, yang begini artinya:

Wahai orang-orang yang berfirman. diwajibkan atas kamu berouasa sebagaimna diiwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (al-Baqarah/2:183)

Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam yang ke-liam. Rasulullah SAW bersabda, yang begini artinya:

Baca Juga:  8 Film Kartun Terbaru dan Update 2021

Islam dibangun diatas lima tiang: Syahyadat Laa ilaaha illa Allah dan Muhammad Rasulullah; Menegakkan shalat; memberikan zakat; haji; dan puasa Ramadhan.” (HR al-Bukhari, no. 8; Muslim, no. 16)

Ancaman Bagi Orang Yang Meninggalkan Puasa Tanpa Udzur

Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun isalm yang lima, maka Bagi Orang yang Meninggalkan Puasa Tanpa Udzur dan meremehkannya akan mendapatkan siksa yang pedih di akhirat.

Diantara hadits dan riwayat tentang bab ini adalah: artinya yang berbunyi seperti ini.

Dari Abu Umamah al-Bahili, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Ketika aku sedang tidur, tiba-tiba ada dua laki-laki yang mendatangiku, keduanya memegangi kedua lenganku, kemudian membawaku ke sebuah gunung terjal.

Keduanya berkata kepadaku, “Naiklah!” Aku menjawab, “Aku tidak mampu”. Keduanya berkata, “Kami akan memudahkannya untukmu”. Maka aku naik. Ketika aku berada ditengah gunung itu, tiba-tiba aku mendengar suara yang keras.

Baca Juga:  Link Chagiya Ringtone Notif WA Lucu Chagiya

Maka aku bertanya, “Suara apa itu?” Mereka menjawab, “Itu teriakan penduduk neraka”. Kemudian aku dibawa, tiba-tiba aku melihat sekelompok orang tergantung (terbaik) dengan urat-urat kaki mereka (di sebelah atas).

Ujung-ujung mulut mereka sobek mengalirkan darah. Aku bertanya, “Mereka itu siapa?” Mereka menjawab, “Mereka adalah orang-orang yang berbuka puasa sebelum waktunya“.

(HR. Nasa’i dalam as-Sunnah al-Kubra, no. 3273; Ibnu Hibban; Ibnu Khuzaimah; al-Baihaqi, 4/216; al-Hakim, no. 1568; ath-Thabarani dalam Mu’jamul Kabir. Disahihkan oleh al-Hakim, adz-Dzahabi, al-Haitsami. Lihat: al-Jami’ li Ahkamis Shiyam, 1/60)

Walaupun hadits ini lemah secara marfu’ (riwayat dari Nabi) akan tetapi banyak riwayat dari para sahabat yang menguatkannya.

Semua riwayat diatas menunjukan bahwa meninggalkan puasa sehari di bulan Ramadhan tanpa udzur merupakan dosa besar, maka bagaimana jika meninggalkan sebulan penuh? Tentu dosanya lebih besar.

Baca Juga:  Film-film Yang Akan Siap Tayang di Tahun 2021

Oleh karena itu seorang yang ingin selamat didalam kehidupannya, hendaklah dia melaksanakan perinta-perintah Allah dan meninggalkan larangan-laranganNya, sehingga meraih keberuntungan di dunia maupun di akhirat.

Macam-macam Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Para ulama menyebutkan bahwa Macam-macam Puasa di Bulan Suci Ramadhan ada dua: yaitu, puasa wajib dan sunnah.

  • Puasa wajib, seperti puasa Ramadhan, kaffarah, dan nadzar.
  • Puasa sunnah, seperti puasa Senin dan Kamis, enam hari pada bulan Syawal, puasa Nabi Daud, dan lainnya.

Selain itu ada juga puasa maksiat, seperti puasa pada hari ‘Idul Fithri dan Adh-ha, puasa mutih, puasa patigeni, puasa untuk mencari kesaktian, dan lainnya.

Penutup

Nah,itualh tadi pembahasan dari kami semoga bermanfaat. Jangan lupa selalu kunjungi Onlinecialiszox.com – dan jangan lupa bagikan ke-teman atau saudara Anda. Sekian terimakasih.

You May Also Like

About the Author: mimin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *